14.356 Jemaah Haji Reguler Belum Lunasi Bipih, Kemenag Siap Jemput Bola

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Rabu, 10 Mei 2023 – 01:10 WIB

VIVA Nasional – Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 dijadwalkan akan memberangkatkan jemaah kloter pertama pada 24 Mei 2023. Namun, hingga saat ini mendekati batas akhir Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H  12 Mei 2023, masih ada sekitar 14.356 jemaah yang belum melunasi biaya tersebut. 

Untuk melancarkan kegiatan penyelenggaraan haji tahun ini, Kementrian Agama pun melakukan berbagai upaya agar kegiatan ibadah ini bisa berjalan sesuai rencana. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan jemput bola. 

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi dan Media, Wibowo Prasetyo di tengah acara Edukasi Media Center Haji 2023 mengatakan, jemput bola yang dimaksud dengan mendatangi rumah jemaah yang belum melunasi Bipih.

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo

“Pak menteri sudah instruksikan pada seluruh kanwil daerah, kan sudah ada alamatnya (jemaah) jelas, kita datangi, kita tanya, ‘Jenengan berangkat haji tahun ini, mau dilunasi kapan, nanti kami bantu dengan sejumlah terobosan’.” kata pria yang akrab disapa Gus Bowo, Selasa, 9 Mei 2023 di Hotel 101 Urban Jakarta. 

Berbagai kemungkinan kata Gus Bowo akan ditawarkan dan diusahakan untuk mendorong jemaah agar bisa cepat melakukan pelunasan. “Jemput bola ini juga sekaligus menanyakan kapan pelunasan, bila tidak bisa melunasi apakah bisa kita berikan kuotanya untuk jemaah yang lain yang sudah menunggu.” 

Halaman Selanjutnya

Seperti diketahui, tahun ini Indonesia mendapatkan kuota penuh sekitar 221 ribu jemaah yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Dan diharapkan, jemaah baik lunas tunda dan jemaah 2023 melakukan pelunasan agar segara mendapat kepastian untuk berangkat ibadah haji. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id