5 Kontroversi BRIN yang Hebohkan Publik, Prediksi Badai Dahsyat hingga Ancam Bunuh Muhammadiyah

Gedung BRIN

Kamis, 27 April 2023 – 12:23 WIB

VIVA Nasional – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) belakangan tengah jadi sorotan. Kontroversi yang jadi sorotan baru-baru ini yaitu dugaan ancaman pembunuhan oleh profesornya terhadap warga Muhammadiyah.

Selain itu, BRIN juga sempat membuat isu badai dahsyat yang menghebohkan masyarakat. Berikut telah VIVA rangkum sederet kontroversi BRIN yang jadi sorotan.

Megawati Soekarnoputri

BRIN didirikan pada April 2021 menyusul perubahan nomenklatur sejumlah kementerian. BRIN merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung kepada presiden.

BRIN mempunyai tugas membantu presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi melakukan monitori, pengendalian, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Riset dan Inovasi Daerah atau BRIDA.

Pada awal pembentukkannya, BRIN memasukkan nama Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN. Presiden ke-5 itu dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah pada 13 Oktober 2021 oleh Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya

Posisi Megawati itu pun menuai kritik lantaran dirinya juga ditunjuk sebagai ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

img_title

Sumber: www.viva.co.id