6 Strategi Lemhanas Tangkal Maraknya Disrupsi Informasi Jelang Pemilu 2024

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto.

Kamis, 4 Mei 2023 – 19:39 WIB

VIVA Nasional – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI mencatat bahwa di sepanjang 2022 ada 280 miliar anomali di ruang digital di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan menjadi sebuah tantangan Pemerintah guna menangkal distrupsi informasi menjelang pemilu 2023. 

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto mengungkapkan, anomali tersebut tidak mesti malware atau ransomware. Karena itu, ada enam strategi yang disiapkan Pemerintah guna menangkal disrupsi informasi menjelang pemilu 2024.

Menurutnya, strategi pertama adalah memperluas aksi publik antara lain meningkatkan kesadaran masyarakat literasi media dan kemampuan berpikir kritis dalam menerima.

“Strategi kedua adalah meningkatkan kemampuan negara untuk bertindak seperti membentuk tim yang bertugas memantau  penyebaran informasi serta mampu merespons cepat berbagai misinformasi dan disinformasi yang tersebar di berbagai platform,” ujar Andi saat menjadi pembicara utama dalam diskusi bertajuk ‘Menangkal Disinformasi Informasi di Tahun Politik’ di Jakarta, Kamis, 4 Mei 2023.

Ilustrasi Hoaks.

“Strategi ketiga lanjut dia adalah melakukan operasi langsung terhadap pelaku disinformasi,” kata Andi.

Andi Wijajanto menambahkan, strategi keempat yang dilakukan Lemhannas untuk menangkal disrupsi informasi yaitu menerapkan transformasi informasi pemilu. Di mana KPU, Parpol, dan kandidat harus secara reguler merilis aktivitasnya untuk meminimalkan para pihak memanfaatkan misinformasi dan disinformasi untuk memanipulasi publik.

Halaman Selanjutnya

“Strategi kelima yaitu melakukan kolaborasi lintas lembaga contohnya bekerja sama dengan lembaga-lembaga independen untuk memverifikasi misinformasi dan disinformasi yang tersebar di masyarakat. Dan strategi terakhir adalah melakukan kerja sama internasional baik bilateral maupun multilateral, untuk memitigasi disrupsi informasi yang bersifat lintas negara,” tambahnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id