Ahli Digital Imbau Jangan Asal Klik di Internet, Rawan Phising

Webinar literasi digital dengan tema “Jangan Asal Klik, Waspada Link Phishing”.

Rabu, 10 Mei 2023 – 22:30 WIB

VIVA Nasional – Ahli digital yang juga merupakan Entrepreneur Pabrik Soera Rakjat, Rizky Ardi Nugroho mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia tidak asal dalam menggunakan internet. Pasalnya, saat ini dalam berinternet tengah rawan phising.

Diketahui phising merupakan kejahatan siber yang menargetkan informasi atau data sensitif korban melalui email, unggahan media sosial, atau pesan teks. 

“Pelaku phishing akan menyisipkan link atau tautan di dalam narasi yang mereka sebarkan, dan menggiring korban agar mengeklik tautan tersebut,” ujar Rizky.

Ia pun menjelaskan kepada masyarakat untuk tetap waspada karena saat ini kita harus tetap menjaga privasi atau keamanan di dunia digital. Agar jejak digital kita tetap positif berilah permission di smarphone kita untuk mengakses fitur tertentu.

“Selalu waspadai dengan identity theft dan spam penipuan digital dan rekam jejak digital. Rajin ganti password, gunakan 2FA, lakukan update software. Hati-hati menggunakan wifi public,” kata dia.

Rizky merupakan salah satu narasumber dalam acara Webinar Literasi Digital di wilayah Bali, Nusa Tenggara dan sekitarnya yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2023 dengan tema “Jangan Asal Klik, Waspada Link Phishing”.

Halaman Selanjutnya

Kegiatan tersebut hasil kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan GNLD Siberkreasi dalam rangka program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat.

img_title

Sumber: www.viva.co.id