Alasan Kejagung Periksa Menkominfo Johnny G Plate

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana

Jumat, 10 Februari 2023 – 04:30 WIB

VIVA Nasional – Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana menjelaskan alasan penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate terkait kasus dugaan korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai 2022.

“Jadi semua yang terkait itu pasti dipanggil, apakah kapasitas sebagai saksi atau tersangka dalam proses pendidikan,” kata Ketut di kantornya pada Kamis, 9 Februari 2023.

Namun, Ketut tidak bisa menyampaikan alasan detail kenapa Johnny Plate dipanggil oleh penyidik jaksa untuk diambil keterangannya. Karena menurut dia, itu memang untuk kepentingan penyidik yang lebih mengetahui alasan meminta keterangan Sekretaris Jenderal Partai NasDem tersebut.

“Tentunya itu konsumsi penyidik, ndak boleh kita ungkapkan di sini. Apa hasilnya, apa substansinya, itu enggak boleh karena masih dalam proses penyidikan. Yang lebih tahu itu penyidik,” ujarnya.

Sementara ini, kata Ketut, proses penyidikan masih terus berjalan dan sejumlah saksi telah dimintai keterangannya oleh penyidik jaksa. “Setelah saya teliti, bahwa saksi-saksi yang sudah kita dengar keterangannya di Jampidsus lebih dari 60 saksi. Hari ini pun kita memastikan juga dari Pak JGP,” jelas dia.

 Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate siap memenuhi panggilan penyidik Kejaksaan Agung untuk dimintai keterangannya sebagai saksi kasus dugaan korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai 2022.

img_title

Sumber: www.viva.co.id