Bareskrim Tangkap Andi Pangerang yang Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah

Brigjen Adi Vivid Agustiadi, Dir Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri

Minggu, 30 April 2023 – 16:00 WIB

VIVA Nasional – Bareskrim Polri menangkap Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin. Penangkapan Andi Pangerang dilakukan terkait pernyataannya di media sosial yang mengancam akan membunuh warga Muhammadiyah. 

“Benar bahwa Penyidik Direktorat Siber Bareskrim Polri hari ini Minggu, 30 April 2023 telah melakukan penangkapan terhadap saudara AP,” ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Adi Vivid Agustiari Bachtiar saat dihubungi wartawan pada Minggu, 30 April 2023.

Pihak Siber Bareskrim Polri menangkap Andi Pangerang di daerah Jombang, Jawa Timur. “Penangkapan terhadap saudara AP di daerah Jombang atas perkara yang dilaporkan oleh pelapor, dalam hal ini Muhammadiyah,” tuturnya.

Andi Pangerang Hasanuddin, peneliti astronomi BRIN

Andi Pangerang Hasanuddin, peneliti astronomi BRIN

Sebelumnya, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanudin minta maaf atas komentarnya di Facebook yang mengancam akan membunuh warga Muhammadiyah beberapa waktu lalu. Dia meminta maaf kepada seluruh warga dan pimpinan pusat Muhammadiyah.

“Melalui Surat ini memohon maaf kepada pimpinan dan warga Muhammadiyah atas komentar saya di Facebook terhadap seluruh warga Muhammadiyah di Akun Facebook tertanggal Minggu, 23 April 2023,” kata Andi seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 26 April 2023. 

Andi Pangerang juga membeberkan alasannya memposting komentar tersebut di Facebook. Andi mengaku emosi karena akun media sosial rekannya, yaitu Thomas Djamaluddin diserang.

Halaman Selanjutnya

“Komentar tersebut dikarenakan rasa emosi dan ketidakbijaksanaan saya saat melihat akun Thomas Djamaluddin diserang oleh sejumlah pihak,” jelasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id