Cara Kemenkum HAM Bantu Besarkan Wisata dan UMKM di NTB

Pelayanan jemput bola untuk pembuatan paspor warga

Minggu, 12 Februari 2023 – 08:29 WIB

VIVA Nasional – Kementerian Hukum dan HAM Punya cara baru dalam malayani masyarakat khususnya di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kali ini yang dilakukan adalah program jemput bola untuk pembuatan paspor warga dan pematenan hak cipta. Petugas yang bergerak ke Desa Kepulauan Maringkik Kecamatan Karuak Kabupaten Lombok mendapat respons yang baak dari warga.

Selain untuk pembuatan paspor,  warga yang datang ke kegiatan Kumham ini untuk  konsultasi  terkait pematenan hak cipta dan perseroan perorangan. 

Dua booth Administrasi Hukum Umum (AHU) dan Kekayaan Intelektual (KI) pun diserbu warga. Mereka  bergantian dan berkonsultasi  dengan para  petugas Kantor Wilayah Kemenkumham NTB. 

Ilustrasi kain tenun/songket.

Ilustrasi kain tenun/songket.

Photo :

  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

Ketua Komunitas Tenun  Maringkik  Kohar salah satunya mendaftarkan tenun yang dibuat para wanita di desanya itu. “Mau dipatenkan secara komunal,” kata Kohar, Minggu 12 Februari 2023.

Menurut  Kohar tenun Maringkik  sudah mulai dikenal ke luar kota tak hanya di Indonesia.  Tapi turis asing juga sangat berminat membeli kain tenun Pulau Maringkik itu. 

Tak hanya di Pulau Maringkik Kumham Bergerak  dalam pelayanan berupa  konsultasi hukum, penyuluhan hukum, layanan AHU, layanan KI dan layanan Keimigrasian ini juga dilakukan  serentak   di Gili Trawangan, Pulau Bungin,  Kecamatan Sekongkang, Sila dan Lakey. 

Halaman Selanjutnya

Kepala Kakanwil Kemenkumham NTB Romi Yudianto mengatakan keenam titik lokasi itu memiliki  keunggulan  yang bisa mendongkrak  wisata. Seperti Pulau  Maringkik  dikenal dengan penduduknya sebagai nelayan. Sementara  para wanita menjadi penenun. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id