Emak-emak hingga Milenial di Yogya Diajari Mengolah Biji Kopi, Bisa Buka Peluang Usaha

Emak-emak dan milenial mengikuti pelatihan olahan biji kopi

Minggu, 7 Mei 2023 – 22:40 WIB

VIVA Nasional – Pada saat ini kemunculan gaya hidup berkumpul di kedai kopi sangat digemari berbagai macam kalangan. Untuk itu, relawan Sandi Uno Espas Indonesia melaksanakan pelatihan olahan biji kopi, untuk memberikan keuntungan dalam menciptakan peluang usaha baru di Yogyakarta. 

Peserta antusias hadir tidak hanya dari emak-emak, bahkan dari kalangan milenial. Sebab mereka menginginkan bisnis baru di bidang kopi. 

Ketua Umum Espas Sandiaga Uno, Dewi Herawati mengatakan pelatihan ini mengajarkan skill spesifik, seperti membuat kopi bubuk yang dicampur dengan kelapa dan perencanaan keuangan untuk usaha kopi. Sehingga para peserta mendapatkan ilmu bagaimana seharusnya sikap seorang wirausaha baru dalam menjalankan bisnisnya.

“Kami mengadakan pelatihan bagaimana cara membuat olahan biji kopi menjadi kopi bubuk kekinian, karena peluang usaha di kopi saat ini luar biasa memiliki keuntungan. Sebagai penggemar kopi, terutama emak-emak yang masih mulai belajar dan tertarik dengan kopi ini bisa menjadi wirausaha baru di Yogyakarta,” kata Dewi di Ekowisata Nologaten, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dikutip Minggu, 7 Mei 2023.

“Kopi ngapak ini berbeda dari kopi lainnya, karena cara pembuatannya unik sebelum menjadi bubuk dicampur dengan kelapa dan beras, baru di shangrai melalui tanah liat,” sambungnya. 

Pada program ini Dewi bersama pihaknya mengajak emak-emak dan milenial menjadi penguasaha baru untuk meningkatkan UMKM Indonesia naik kelas. Dikarenakan setelah pelatihan mereka dapat menciptakan produk-produk inovasi. 

Halaman Selanjutnya

“Pada kegiatan ini peserta pelatihan dapat menciptakan label nama produk dan inovasinya sendiri, sehingga mendatangkan keuntungan pengusaha baru. Ayo emak-emak dan milenial Jogja bergerak menjadi pengusaha baru, bangkit supaya UMKM Indonesia naik kelas,” tutur Dewi. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id