Ganjar Sebut Pendidikan di Ponpes Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sowan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Girikusumo

Kamis, 4 Mei 2023 – 16:28 WIB

VIVA Nasional – Masih dalam suasana Idul Fitri 2023, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Girikusumo yang terletak di Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak pada Kamis, 4 Mei 2023.

Saat kedatangannya ke ponpes yang didirikan sejak tahun 1868 oleh Syeikh Muhammad Hadi bin Thohir itu, Ganjar disambut langsung pengasuh ponpes KH Munif Zuhri atau akrab disapa Mbah Zuhri, beserta ratusan santri.

“Saya lama tidak ke sini. Yang pertama ya silaturahmi, halal bi halal, ya bodo (lebaran),” ujar Ganjar usai sowan.

Selain sowan dan lebaran dengan KH Munif Zuhri atau akrab disapa Mbah Zuhri, Ganjar mengaku juga belajar banyak hal. Seperti pentingnya memajukan pendidikan keagamaan, hingga merawat kebangsaan.

Hal itu, kata Ganjar, dikarenakan keaktifan dan komitmen sosok Mbah Zuhri memajukan pendidikan keagamaan, khususnya di pesantren dengan menjalankan kerja sama dengan beberapa pakar dari kampus.

“Beliau punya ide yang banyak, beliau sedang mengembangkan diskusi-diskusi antara kampus dengan pesantren dan sudah berjalan beberapa seri. Kiainya ada, pakarnya ada dan pernah berkeliling di beberapa tempat, di kampus, di rumah dinas saya juga pernah, di pondok ini diskusi bagaimana merawat bangsa ini,” kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya

Menurut pria berambut putih itu, lingkungan pendidikan pondok pesantren memang harus mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi seperti yang dijalankan Mbah Zuhri.

img_title

Sumber: www.viva.co.id