Hoaks di Medsos Bikin Perpecehan, Masyarakat Harus Jadi Netizen Cerdas

Webinar literasi digital dengan tema “Kebal Hoaks: Ayo Jadi Netizen Kritis!”

Minggu, 7 Mei 2023 – 03:00 WIB

VIVA Nasional – Bidang Komunikasi Publik Relawan TIK Provinsi Bali I Wayan Adi Karnawa menyampaikan, internet adalah sumber informasi yang cepat namun juga banyak efek samping yang dapat muncul dari konten tersebut.

Hal tersebut diungkapkan dalam webinar literasi digital di wilayah Bali, Nusa Tenggara dan sekitarnya, yang dilaksanakan pada 5 Mei 2023 dengan tema “Kebal Hoaks: Ayo Jadi Netizen Kritis!”. 

“Banyak berita hoaks dan ujaran kebencian beredar di dunia maya yang berpotensi menimbulkan perpecahan. Tingkatkan pengetahuanmu untuk jadi netizen cerdas, validasi informasi sebelum disebarkan, bijak bersosial media jangan mudah percaya dengan semua yang didapat dari internet,” ujarnya.

Jawara Internet Sehat NTB Nurliya Ni’matul Rohmah menyampaikan, keamanan digital adalah proses untuk memastikan penggunaan layanan digital berjalan dengan aman khususnya perlindungan data pribadi.

“Banyaknya tindakan scamming saat ini mengharuskan kita waspada dalam menggunakan internet dengan meningkatan skill/kecakapan digital kita,” ucapnya.

Ia berpesan agar tidak gaptek, pelajari fitur-fitur yang ada di perangkat gawai tersebut. Menurutnya, semakin meningkat kecakapan digital, semakin tinggi pula perlindungan data digital. Untuk itu, ia meminta agar masyarakat agar mengganti password secara berkala, aktifkan 2F security, dan jangan mudah klik link yang mencurigakan. 

Halaman Selanjutnya

“Kita sendiri yang bertanggung jawab untuk melindungi identitas data pribadi, jangan sampai lengah,” tambahnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id