Jadi Rumah Sakit Rujukan KTT ASEAN, Jokowi Singgung RSUD Komodo Masih Kekurangan Dokter Ahli

Presiden Jokowi di RSUD Komodo.

Rabu, 10 Mei 2023 – 08:51 WIB

VIVA Nasional – RSUD Komodo disiapkan untuk mendukung perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023 di Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Di hari ketiganya berada di Labuan Bajo, Presiden Joko Widodo meninjau fasilitas di rumah sakit yang naik tingkat menjadi wing internasional itu. Presiden pun menilai, gedung dan peralatan kesehatan di RSUD itu sudah memadai untuk mendukung ASEAN Summit.

“Ini memang kemarin juga kita kejar ini sudah dalam rangka untuk persiapan KTT ASEAN,” ujar Presiden Jokowi kepada wartawan usai meninjau RSUD Komodo, Selasa 9 Mei 2023.

Menurut Presiden Jokowi, RSUD Komodo dibangun dengan bantuan dari Kementerian Kesehatan, baik dari sisi gedung maupun peralatannya. Menelan biaya Rp220 miliar.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tinjau kesiapan RSUD Komodo Labuan Bajo.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tinjau kesiapan RSUD Komodo Labuan Bajo.

Lebih lanjut, Kepala Negara memandang bahwa peralatan di RSUD Komodo sudah sangat bagus dan cukup lengkap untuk penanganan sejumlah penyakit berat. 

“Kalau kita lihat peralatan sudah sangat bagus untuk kanker, untuk jantung, stroke, semuanya ada,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya

Meskipun demikian, Presiden Jokowi memberi penekanan soal masih terbatasnya jumlah dokter spesialis di RSUD Komodo. Untuk itu, Kementerian Kesehatan dan RSUD Komodo diharapkan bisa mengejar kekurangan dokter spesialis agar masyarakat lokal tidak perlu berobat ke luar daerah.

img_title

Sumber: www.viva.co.id