Jelang KTT, Jokowi Tegaskan Tak Ingin ASEAN Jadi Proxy Negara Mana Pun

Presiden Jokowi meninjau kesiapan venue KTT ASEAN ke-42 di Golo Mori, NTT

Minggu, 7 Mei 2023 – 16:01 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu 7 Mei 2023. Kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo untuk mengecek kesiapan akhir tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN yang digelar pada 9-11 Mei 2023. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut bahwa persiapan Indonesia sebagai tuan rumah KTT ke 42 ASEAN sudah rampung sepenuhnya. Menurutnya, saat ini hanya tinggal pelaksanaannya saja. 

“Semuanya sudah siap jadi tinggal pelaksanaan,” kata Jokowi, setibanya di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu sore.

Presiden RI Jokowi di KTT ASEAN, Kamboja

Presiden RI Jokowi di KTT ASEAN, Kamboja

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan bahwa prinsip Indonesia adalah prinsip kolaborasi dan kerja sama dalam Keketuaan ASEAN 2023. Jokowi menegaskan ASEN siap untuk belerja sama dengan siapa pun.

“Prinsip-prinsip Indonesia di keketuaan ASEAN adalah kolaborasi dan kerjasama dengan siapa pun dan kita tidak ingin ASEAN menjadi proxy siapapun, proxy negara mana pun,” kata Jokowi 

Jokowi tiba di Labuan Bajo, Minggu, pukul 15.32 Wita, dengan ditemani Ibu Negara Iriana. Di hadapan wartawan, Jokowi menegaskan ASEAN harus terbuka menjalin kerja sama dengan negara mana pun.

Halaman Selanjutnya

“Yang kita inginkan adalah terbuka, terbuka kerjasama dengan siapapun, dengan negara manapun,” tegasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id