Jokowi Sebut ASEAN Sepakat Bangun Ekosistem Mobil Listrik

Presiden Jokowi melakukan konferensi pers pada pertemuan pemimpin KTT ASEAN 2023

Kamis, 11 Mei 2023 – 18:51 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hasil kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Alhasil, para leader sepakat untuk kerja sama penguatan sektor ekonomi.

“ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia, sehingga hilirisasi industri menjadi kunci,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretaris Presiden pada Kamis, 11 Mei 2023.

Selain itu, kata dia, implementasi transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antarnegara, sepakat untuk diperkuat. 

“Ini sejalan dengan sentralitas ASEAN supaya ASEAN semakin kuat dan semakin mandiri,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menyampaikan hasil kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Menurut dia, kegiatan KTT ASEAN di Pulau Komodo berjalan lancar.

“Alhamdulillah KTT ke-42 ASEAN telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan hasil yang baik,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 11 Mei 2023.

Menurut dia, Indonesia ingin melihat ASEAN menjadi kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan kedepan. Kemudian, tanggap terhadap dinamika dan tetap memegang peran sentra di kawasan.

“Oleh karena itu, saya ajak para leader untuk berlayar bersama naik kapal pinisi agar suasananya rileks dan kekeluargaan,” ujarnya.

Karena, kata Jokowi, memang ASEAN ini adalah satu keluarga dalam ikatan yang sangat kuat dan kesatuannya penting untuk berlayar menuju tujuan yang sama.

“Menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth dan kawasan damai, stabil dan sejahtera,” jelas dia.

Sumber: www.viva.co.id