Kapolda Sumut Ungkap Hal yang Memberatkan AKBP Achiruddin hingga Dipecat dari Polri

Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak.

Rabu, 3 Mei 2023 – 12:28 WIB

VIVA Nasional – Kasus penganiayaan yang diduga dilakukan Aditya Hasibuan kepada seorang mahasiswa, Ken Admiral di rumah AKBP Achiruddin Hasibuan, di Jalan Guru Sinumba, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara itu membuat polisi perwira menengah tersebut dijatuhkan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

AKBP Achiruddin dipecat dari anggota Polri setelah menjalani sidang kode etik di Bidang Propam Polda Sumut, Selasa, 2 Mei 2023. Sidang kode etik ini terkait kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya terhadap Ken Admiral, pada Kamis dini hari, 22 Desember 2022.

“Di sana (di TKP) ada dasar yang memberatkan. Sebagai anggota Polri tidak selayaknya dia membiarkan kejadian tersebut terjadi. Ini yang paling utamanya,” ujar Kapolda Sumut Irjen Pol. Panca Putra Simanjuntak kepada wartawan, Selasa, 2 Mei 2023 malam.

Panca mengungkapkan, hal kedua yang memberatkan AKBP Achiruddin harus dipecat karena sudah tercatat sebanyak lima kali melakukan pelanggaran disiplin sebagai anggota Polri.

AKBP Achiruddin Hasibuan menjalani sidang etik

AKBP Achiruddin Hasibuan menjalani sidang etik

“Yang kedua, juga ada beberapa pelanggaran hukum, disiplin dan kode etik yang pernah diproses terlebih dahulu kepada yang bersangkutan. Ada lima, karena dalam aturan di Polri itu 3 saja pelanggaran kode etik itu sudah bisa disiplin putusan pemberhentian tidak dengan hormat, jadi itu yang memberatkannya,” ujar Panca.

Panca mengungkapkan, kasus penganiayaan dilakukan anak Achiruddin tersebut seharusnya tidak terjadi jika Achiruddin mencegah terjadi penganiayaan terhadap Ken Admiral. Namun, dari video yang viral, dia memberikan semangat kepada Aditya Hasibuan untuk menghajar korban secara membabi-buta.

Halaman Selanjutnya

“Tapi, yang paling utama sebagai anggota Polri tidak selayaknya dan tidak sepatutnya dia membiarkan kejadian penganiayaan tersebut,” ujar Panca.

img_title

Sumber: www.viva.co.id