Kinerja KPK Dinilai Tetap Solid Meski Pimpinannya Kerap Diserang

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri

Senin, 8 Mei 2023 – 23:04 WIB

VIVA Nasional – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menghadapi serangan dari berbagai pihak luar maupun internal. Namun, hujatan terhadap Pimpinan KPK itu tak menyurutkan kekompakan dan kesolidan dalam bekerja untuk memberantas tindak pidana korupsi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Independen Pemerhati Pemuda Indonesia (LPPI), Dedi Siregar mengatakan serangan tersebut secara tidak langsung akan mengganggu kinerja KPK dalam upaya penegakan hukum tidak pidana korupsi di Indonesia.

Tapi ternyata, kata dia, Ketua KPK Firli Bahuri bersama Pimpinan KPK lainnya tidak gentar dengan terpaan isu terhadap lembaga antirasuah ini. Bahkan, ia melihat KPK tetap tegak lurus bersih dari tindakan korupsi.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri

Photo :

  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

“Terlihat, KPK terus bekerja tanpa henti, tangkap siapa pun pejabat negara yang korupsi,” kata Dedi dalam keterangannya pada Senin, 8 Mei 2023.

Buktinya, lanjut dia, KPK berhasil menciduk Anggota DPR RI hingga Menteri Kabinet Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri. Selain itu, KPK juga menangkap dua hakim agung Mahkamah Agung (MA).

Kemudian, KPK juga menahan mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo, dan menetapkan 10 orang dalam kasus korupsi proyek kereta api. Di samping itu, KPK juga menangkap beberapa kepala daerah.

Halaman Selanjutnya

Contohnya, kasus Bupati Meranti Muhamad Adil. Selama tahun 2021 dan 2022, KPK di bawah kepemimpinan Firli berhasil menyelamatkan keuangan negara sekitar Rp114 triliun.

img_title

Sumber: www.viva.co.id