Kisah Nyai Sepuh Surabaya Hadiahi Ganjar Sorban Putih Usai Bertemu di Makkah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke Pondok Pesantren An Nuriyah

Minggu, 7 Mei 2023 – 02:00 WIB

VIVA Nasional – Acara silaturahmi dan halalbihalal yang dihadiri ratusan Nyai dan Ning se-Jawa Timur (Jatim) dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berlangsung khidmat di Pondok Pesantren An Nuriyah, Wonocolo Utara, Gg KH Zuber No. 18, Surabaya, Sabtu, 8 Mei 2023.

Dalam acara tersebut, Nyai-Ning yang merupakan istri dan anak para pimpinan pondok pesantren tampak antusias dengan kedatangan bakal calon presiden 2024 (bacapres) itu. Tak terkecuali Pimpinan Pondok Pesantren An Nuriyah, Nyai Ainur Rohmah.

Nyai Ainur yang merupakan khos atau sepuh asal Surabaya ini bahkan memberikan hadiah berupa sorban putih kepada Ganjar. Sorban putih yang diberikan Nyai Ainur ternyata punya kisah tersendiri di baliknya.

Sorban putih tersebut dibeli Nyai Ainur di tanah suci Makkah, Arab Saudi, saat menunaikan ibadah umrah pada Januari 2023 silam. Saat itu, nyai bertemu langsung dengan Ganjar yang juga tengah mengerjakan ibadah.

“(Sorban) itu ada history-nya, ada sejarahnya. Tepat pada 6 Januari 2023 kemarin awal tahun beliau (Nyai Ainur) bertemu di tanah suci Makkah, sebuah pertemuan yang luar biasa,” kata Nyai Ainur yang diwakili sang anak, Elly.

Dalam pertemuan tersebut, kata Elly, Nyai Ainur mendapatkan kesan mendalam dengan Ganjar yang bersikap baik dan ramah. Kala itu Ganjar juga meminta doa kepada Nyai Ainur sebagai sepuh.

Halaman Selanjutnya

“Setelah ketemu, kesannya luar biasa. Beliau orangnya sangat ramah, baik bapak maupun ibu (istri Ganjar Atiqoh Supriyanti), sangat ramah. Kemudian (Pak Ganjar) bilang, ‘Bu Nyai, minta doa’,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id