Lukas Enembe Segera Diadili

Gubernur Papua yang juga tersangka suap dan pencucian uang, Lukas Enembe

Jumat, 12 Mei 2023 – 17:18 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Nonaktif Provinsi Papua, Lukas Enembe akan segera menjalani sidang perkara suap dan gratifikasinya di Provinsi Papua. Hal itu didasari karena berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Setelah berkas perkara, baik syarat formil maupun materiilnya lengkap. Hari ini diagendakan pelaksanaan penyerahan Tersangka dan barang bukti dengan Tersangka LE dari Tim penyidik kepada Jaksa KPK,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan pada Jumat 12 Mei 2023.

KPK pun telah menetapkan kuasa hukum Lukas Enembe Stefanus Roy Rening sebagai tersangka perintangan penyidikan kasus suap dan gratifikasi di Papua.

Tak hanya itu, saat ini Lukas Enembe juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sebagai informasi, Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe ditangkap oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 10 Januari 2023. Setidaknya ada beberapa kasus yang menjerat Gubernur Papua tersebut.

Pertama, KPK resmi menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka suap dan gratifikasi di daerah Papua pada bulan September 2022 lalu. Melalui kuasa hukumnya, Stefanus Roy Rening, Lukas Enembe diduga menerima gratifikasi sebesar Rp1 Miliar.

Halaman Selanjutnya

“Kami kuasa hukum menerima surat dari KPK, bahwa Pak Gubernur telah ditetapkan tersangka dalam kasus gratifikasi senilai Rp1 miliar yang dilakukan 2020,” kata Roy kepada wartawan di Mako Brimob Polda Papua.

img_title

Sumber: www.viva.co.id