Masih Belum Tuntas Pemeriksaan, KPK Jadwalkan Ulang Periksa Andi Arief

Juru Bicara KPK Ali Fikri

Senin, 15 Mei 2023 – 19:30 WIB

VIVA Nasional – Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief hari ini, Senin 15 Mei 2023 telah rampung diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus korupsi Bupati nonaktif Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP). KPK pun akan menjadwalkan ulang untuk pemeriksaan Andi Arief.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Andi Arief belum sepenuhnya rampung. Pasalnya, hari ini Andi Arief mengaku salam kondisi sakit sehingga penyidik tak tuntas memeriksa Andi Arief sebagai saksi.

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran uang dari tersangka RHP pada beberapa pihak,” kata Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Senin 15 Mei 2023.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa Andi Arief baru menyelesaikan 10 pertanyaan saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi. KPK pun rencananya akan melakukan penjadwalan ulang pemeriksaan kepadanya.

“Tentu kami apresiasi kehadirannya sekalipun informasi tadi dalam keadaan sakit. Sehingga tadi diperiksa cukup relatif singkat karena akan berobat. Sekitar ada 10 pertanyaan tadi ya,” ucap Ali.

Ali menegaskan bahwa keterangan dari Andi Arief masih dibutuhkan oleh penyidik. Sebab, Andi mengaku bahwa dirinya mengetahui ada aliran dana dari Ricky Pagawak ke Kader Partai Demokrat.

Halaman Selanjutnya

“Karena tentu KPK, tim penyidik, sesungguhnya sudah memiliki informasi dan data terkait dengan dugaan aliran uang yang diterima beberapa pihak. Dan diduga Pak Andi Arief juga mengetahui adanya penerimaan uang-uang yang bagian dari aliran uang tersangka RHP,” bebernya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id