Mutasi Rekening Mustopa Penembak Kantor MUI Rp 800 Juta, Ini Penjelasan PPATK

Kantor MUI Pusat di Jakarta ditembak.

Kamis, 4 Mei 2023 – 23:17 WIB

VIVA Nasional – Kepala Biro Humas Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Natsir Kongah mengatakan PPATK mendapatkan laporan mutasi yang janggal di rekening pelaku penembakan Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Mustopa NR. Terungkap, mutasi rekening Mustopa mencapai ratusan juta rupiah periode 2021 hingga 2023.

“Kalau kita lihat, bank menyampaikan laporan kepada PPATK diluar dari profil karakteristik nasabah. Dari 2021, kita lihat mutasi di rekeningnya itu ada Rp 800 juta,” kata Natsir saat dihubungi wartawan pada Kamis, 4 Mei 2023.

Ilustrasi/Rekening

Diketahui, Mustopa berdasarkan kartu identitasnya berprofesi sebagai petani. Maka dari itu, Natsir mengatakan PPATK akan melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya atas laporan mutasi rekening Mustopa tersebut.

“Itu kita lihat transaksi di luar dari profil. Kalau soal pidana dan lain, itu penyidik yang tahu. Masih dalam proses (penyerahan bukti ke penyidik),” ujarnya.

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat

Sebelumnya diberitakan, polisi akan menindaklanjuti nilai mutasi rekening milik Mustopa, pelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat yang mencapai Rp800 juta sejak tahun 2021. Penyelidikan bakal dilakukan secara komprehensif.

Halaman Selanjutnya

“Terkait itu tentunya penyidik akan mengacu pada peraturan undang-undang, di Indonesia diatur dalam undang-undang prinsip kerahasiaan bank diatur dalam pasal 40 UU Nomor 10 Tahun 1998,” ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko pada Kamis, 4 Mei 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id