One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Jakarta Diperpanjang, Pastikan Saldo Tol Cukup

Kepadatan arus kendaraan pemudik di GT Kalikangkung, Jawa Tengah, Kamis 20/4

Rabu, 26 April 2023 – 07:13 WIB

VIVA Nasional – Pemberlakuan jalur satu arah atau one way dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, menuju arah barat atau Jakarta, pada Selasa malam, 25 Maret 2023, kembali diperpanjang hingga Rabu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam siaran pers di Semarang, mengatakan pelaksanaan rekayasa lalu lintas jalur satu arah dari KM 414 GT Kalikangkung pada awalnya dijadwalkan selesai pada Rabu malam pukul 24.00 WIB.

“Atas diskresi dari kepolisian diperpanjang hingga Rabu (26/4),” katanya.

Keputusan itu, lanjut dia, didasarkan atas volume lalu lintas kendaraan dari arah timur yang masih meningkat signifikan. Menurut dia, pemberlakuan jalur satu arah ini rencananya akan diperpanjang hingga Rabu, pukul 24.00 WIB.

Ia mengimbau para pengendara yang akan melakukan perjalanan ke barat atau arah Jakarta memastikan ketersediaan saldo kartu e-tol. “Pastikan saldo minimal Rp500 ribu untuk menghindari kekurangan saldo saat transaksi keluar tol,” katanya.

Pemberlakuan jalur satu arah sendiri sebelumnya sudah diperpanjang hingga KM 425 tol dalam Kota Semarang akibat kepadatan kendaraan.

Sebelumnya, Korlantas Polri memperkirakan perpanjangan rekayasa lalu lintas one way akan berakhir pada Rabu (26/4) pukul 24.00 WIB, namun apabila pada periode perpanjangan tersebut kondisi lalu lintas dilihat selama tiga jam berturut turut maka rekayasa lalu lintas one way dapat dihentikan sebelum jadwal yang ditentukan.

Halaman Selanjutnya

Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran one way masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jaya (Jakarta), maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

img_title

Sumber: www.viva.co.id