Pangdam Ultimatum Tumpas KKB Penyandera Pilot Susi Air: Waktunya Rahasia!

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa

Kamis, 16 Februari 2023 – 18:41 WIB

VIVA Nasional – Pilot Susi Air Philip Mark Marthens sudah 10 hari dalam sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Pegunungan Papua. 

Penyanderaan terhadap pilot Susi Air ini terjadi pada 7 Februari 2023 lalu, setelah pesawat yang dibawanya dibakar KST di Nduga. Aparat TNI-Polri mengaku sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan kondisi sang pilot.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menegaskan pencarian pilot Susi Air masih terus dilakukan, namun belum juga berhasil menemukan pilot Philips Marthen 

Mayjen Saleh Mustafa selaku penanggung jawab keamanan di wilayah Papua menegaskan telah melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk menyelamatkan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru itu.

“Sampai saat ini upaya yang dilakukan terhadap penyelamatan Pilot Susi Air ini masih dilakukan pendekatan dialog atau soft approach yang dilakukan oleh Tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Nduga,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dalam keterangan persnya, Kamis, 16 Februari 2023.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Saleh menekankan bahwa aparat TNI-Polri punya standar operasi yang harus dijalankan dalam upaya penegakan hukum, agar persoalan ini tidak berlarut, yaitu harus ada batas waktunya.

Halaman Selanjutnya

“Saya tidak bisa sampaikan dan ungkapkan waktunya, karena ini suatu hal yang dirahasiakan. Tetapi apabila tiba waktunya, maka TNI-Polri akan melakukan penegakan hukum secara terukur, terpilih dan terarah,” tambahnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id