Pemerintah Diminta Ambil Langkah Antisipasi Terkait Ancaman El Nino

Ilustrasi lahan pertanian.

Jumat, 12 Mei 2023 – 21:59 WIB

VIVA Nasional – Fenomena El Nino atau kemaru kering yang diprediksi akan melanda Indonesia, penting untuk diantisipasi oleh pemerintah di daerah dan pusat. Apalagi Indonesia dengan wilayah pertaniannya, bisa berdampak.

Guru Besar Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad), Prof.Dr. Tualar Simarmata mengatakan salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah pemetaan potensi masalah. 

“Yang pasti petani itu berkaitan dengan air, bagaimana caranya supaya tanaman tidak kekeringan, itu mungkin yang bisa diantisipasi. Jadi sekarang dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah harus membuat pemetaan, di mana saja lokasi yang akan terdampak,” jelasnya, dikutip Jumat 12 Mei 2023.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Photo :

  • Ditjen Perkebunan Kementan

Dengan pemetaan itu maka bisa diambil solusi. Termasuk penggunaan teknologi  yang tepat guna, apakah menggunakan pompa air untuk pengairannya atau dengan irigasi tertentu.

“Kemudian diidentifikasi juga kalau tidak ada hujan, ada nggak sumber air yang bisa digunakan. Kalau ada sumber airnya, teknologi apa yang bisa digunakan agar air itu bisa sampai ke lahan, apakah dengan bantuan pompa, kemudian berikutnya langsung pelaksanaan,” jelasnya.

Antisipasi ini penting, agar pemerintah tidak bekerja layaknya pemadam kebakaran. Antisipasi juga untuk bisa tetap mendukung sektor pertanian dengan maksimal.

Halaman Selanjutnya

“Saya kira mesti dilakukan sekarang, kalau terlalu dadakan seperti pemadam kebakaran. Kaitannya juga dengan masalah anggaran kan. Kalau begitu, mestinya segera dirapatkan dengan anggota dewan,” jelasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id