Pengusutan Kasus Korupsi di Kementan Sarat Politik, Ini kata Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Jumat, 16 Juni 2023 – 11:16 WIB

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo merespons isu yang beredar di masyarakat soal adanya unsur politik dalam pengusutan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Syahrul mengaku akan menghadapi semua persoalan terkait dugaan korupsi yang di lingkungan Kementan.

“Saya juga menyimak sejumlah pihak mengaitkan proses hukum ini dengan aspek politik. Sekalipun banyak pendapat seperti itu, namun dengan kerendahan hati, sebagai warga negara biasa, saya akan menjalani seluruh aral-rintang ini,” kata Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan resminya, Jumat, 16 Juni 2023.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL)

Dia menegaskan, saat ini proses yang berlaku untuk mengusut dugaan korupsi di Kementan baru sampai tahap penyelidikan. Limpo juga berharap agar masyarakat tidak mengambil kesimpulan sebelum pihak berwenang memberikan keterangan resminya.

“Saya mengajak, mari kita hormati proses yang berjalan di KPK tersebut dan tidak mengambil kesimpulan yang mendahului proses hukum dan informasi resmi dari KPK. Tentu saja dengan tetap berharap dari lubuk hati terdalam semoga ke depan hukum dapat ditegakkan dengan benar,” pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini memang tengah menyelidiki dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI, yang diduga menyeret nama Menteri Pertahanan (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Pengusutan ini dilakukan, kata KPK, tidak ada hubungannya dengan unsur politik.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa pengusutan dugaan kasus korupsi itu telah dilakukan KPK sejak awal tahun 2023.

Halaman Selanjutnya

“Penyelidikan sudah lama. Sejak awal tahun 2023. Jauh sebelum penyelidikan, tentu juga ada proses panjang di pengaduan masyarakat sebagai tindaklanjut atas laporan masyatakat,” ujar Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 15 Juni 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id