Proyek Gagal Lampu Pocong di Medan ‘Makan Tumbal’, Kepala Dinas Dinonaktifkan

Pembangunan lampu jalan atau disebut lampu 'pocong' di Kota Medan

Sabtu, 13 Mei 2023 – 12:11 WIB

VIVA Nasional – Proyek lampu penerangan jalan atau disebut lampu pocong di Kota Medan ‘makan tumbal’. Akibatnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran dinonaktifkan oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Di mana proses pengerjaan proyek lampu pocong gagal itu, ditangani oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan tahun 2022. Saat itu, Kepala Dinasnya adalah Syarifuddin Irsan Dongoran. 

Untuk anggaran lampu pocong itu, menggunakan APBD Kota Medan, senilai Rp 25,7 miliar. Penonaktifan, Syarifuddin Irsan Dongoran dari jabatannya, agar fokus dalam pemeriksaan dilakukan Tim Ad-Hoc melibatkan beberapa unsur.

“Dinonaktifkan, betul-betul (terkait lampu pocong),” ucap Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution kepada wartawan di Kota Medan, Jumat 12 Mei 2023.

Proyek gagal lampu pocong di Kota Medan.

Proyek gagal lampu pocong di Kota Medan.

Bobby mengatakan bahwa tim Ad-Hoc bentukan Pemerintah Kota Medan, tengah mendalami keseluruhan terkait proyek gagal lampu pocong tersebut. Termasuk meminta keterangan terhadap Syarifuddin Irsan Dongoran.

“Sebelumnya kan, Kadis Pertamanan, untuk kita mintai keterangan proses untuk pertanggungjawaban tentang lampu pocong. Kita nonaktifkan sementara, untuk masa pemeriksaan. nanti hasil pemeriksaan keluar kita tindak lanjuti,” sebut menantu Presiden Joko Widodo itu.

Halaman Selanjutnya

Atas gagal proyek tersebut, Bobby mendesak kontraktor untuk mengembalikan uang digunakan untuk pembangunan lampu pocong tersebut oleh kontraktor, senilai Rp 21 miliar.

img_title

Sumber: www.viva.co.id