Salat Idul Fitri di Ruteng Serukan Pesan Perdamaian dan Persaudaraan

Suasana salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Masjid Baiturrahman Ruteng.

Sabtu, 22 April 2023 – 11:01 WIB

VIVA Nasional – Ribuan umat muslim di Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur khusyuk melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di Masjid Baiturahman, Sabtu 22 April 2023.

Umat Muslim Kota Ruteng tampak berduyun-duyun sejak pukul 06.30 WITA. Sementara pelaksanaan salat id dimulai pukul 07.30 WITA. Bertindak sebagai imam yakni H. Alimudin serta khatib Rofi Muklis.

Terletak di Kelurahan Tenda Kecamatan Langke Rembong Ruteng, Masjid Baiturrahman merupakan masjid besar. Masjid yang dibangun tahun 1985 ini telah direnovasi beberapa kali sehigga ukurannya menjadi lebih luas.

Jika sebelumnya Jemaah laki-laki dan perempuan hanya dipisahkan layar di lantai satu, tapi dalam pelaksanaan salat Idul Fitri tahun 2023, jemaah perempuan mengambil tempat salat di lantai dua.

Seperti dipantau, tidak hanya memenuhi lantai satu dan lantai dua, tidak sedikit umat muslim yang melaksanakan salat di selasar depan masjid dan di atas rooftop. Panitia juga membangun tenda di halaman masjid. Jemaah yang mengikuti salat besar di hari kemenangan diperkirakan mencapai 3000 orang. 

Seruan perdamaian

Suasana salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Masjid Baiturrahman Ruteng.

Suasana salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Masjid Baiturrahman Ruteng.

Halaman Selanjutnya

Dalam khutbahnya, khatib Rofi Muklis menjelaskan, Idul Fitri adalah kembali berbuka puasa setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id