Satgas TPPU Serahkan 10 Laporan Termasuk Transaksi Janggal Rp189 Triliun kepada Kemenkeu

Gedung Kemenkopolhukam

Jumat, 12 Mei 2023 – 11:53 WIB

VIVA Nasional – Satuan Tugas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) telah menyerahkan 10 dari 300 Laporan Hasil Analisis (LHA) dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada Kementerian Keuangan, kata Deputi III Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Sugeng Purnomo.

Sugeng menyebut, 10 laporan itu menjadi prioritas yang harus diselesaikan oleh Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea Cukai, dan Inspektorat Jenderal Kemenkeu.

“Kami sudah menentukan LHA-LHP atau informasi mana yang menjadi skala prioritas. Jadi di Kementerian Keuangan dalam hal ini Pajak, Bea Cukai, dan Inspektorat Keuangan, ada 10. Jadi, ada 10 LHA-LHP dan informasi yang kami minta untuk diprioritaskan penyelesaiannya,” kata Sugeng kepada wartawan di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, dikutip pada Jumat, 12 Mei 2023.

Gedung Kementerian Keuangan.

Gedung Kementerian Keuangan.

Photo :

  • Arrijal Rachman/VIVAnews.com

Sugeng menegaskan, dari 10 laporan tersebut, salah satunya terdapat laporan transaksi janggal sebesar Rp 189 triliun. Laporan prioritas tersebut akan diserahkan kepada Kepolisian dan Kejaksaan Agung, masing-masing di antaranya diberikan empat laporan untuk segera diselesaikan.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah mengirimkan sejumlah surat kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang transaksi mencurigakan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menerima surat dari PPATK mengenai transaksi senilai Rp 349,87 triliun yang diduga terindikasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

Halaman Selanjutnya

Ia mengatakan, sudah meminta aparaturnya untuk meneliti seluruh daftar 300 surat dan angka transaksi yang dikirimkan oleh PPATK.

img_title

Sumber: www.viva.co.id