Sidang Perdana Dirut PT CLM Bakal Digelar Daring, MAKI: Cacat Hukum!

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia Boyamin Saiman.

Selasa, 9 Mei 2023 – 23:38 WIB

VIVA Nasional – Sidang perdana mantan direktur utama PT Citra Lampia Mandiri (CLM) Helmut Hermawan terkait dengan kasus Korupsi Pertambangan, Mineral dan Batubara segera digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Selasa 9 Mei 2023. Sayangnya sidang tersebut bakal digelar secara daring.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengkritik langkah PN Makassar yang menggelar sidang Helmut secara daring. Boyamin menjelaskan pelaksanaan sidang daring di masa pandemi yang sudah berakhir ini menjadi cacat hukum, dimana banyak data-data yang tidak terbahas saat menjalani sidang daring.

Ilustrasi persidangan secara online.

Ilustrasi persidangan secara online.

Boyamin mengatakan peradilan menjadi cacat jika sidang masih dilakukan secara daring, karena sudah tidak ada alasan kedaruratan pandemi COVID-19.

“Mestinya sudah dihapus sidang online. Kalau masih ada, berarti ya cacat hukum. Karena sudah tidak ada alasan darurat. Harusnya, kuasa hukum mengajukan keberatan ke majelis hakim,” ujar Boyamin kepada wartawan, 9 Mei 2023.

Beberapa pertimbangan yang seharusnya menjadi catatan yaitu, pertama bahwa sidang online conference atau daring ini bertentangan dengan UUD, KUHAP dan Kekuasaan Kehakiman.

“Itu jelas pada pokoknya menyatakan bahwa terdakwa wajib hadir secara fisik, jika kemudian terdakwa dihadirkan secara online sehingga itu bertentangan dengan UUD baik KUHAP maupun Kekuasaan Kehakiman,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Kedua yaitu sidang online ini berpotensi  menghambat kebenaran materiil perkara yang harusnya bisa digali oleh seluruh pihak. Padahal jika terdakwa dihadirkan secara langsung, semua pihak bisa menggali secara komperhensif.

img_title

Sumber: www.viva.co.id