Tekan Angka Kecelakaan, Driver Ojol di Jabar Ikuti Pelatihan Keselamatan Berkendara

Pelatihan keselamatan berkendara untuk ojol

Kamis, 11 Mei 2023 – 22:26 WIB

VIVA Nasional – Komunitas Ojek Online (Kajol) Indonesia menggelar pelatihan safety riding bagi driver ojol yang ada di Cikarang – Bekasi. Acara itu berlangsung di Jalan Raya Serang-Setu, Sukasejati, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.  

Juru Bicara Kajol Indonesia Dukung Ganjar, Risnandar mengatakan kegiatan ini berbeda dengan yang sebelumnya. Sebab, program pelatihan ini sangat penting untuk driver ojol yang notabene aktivitasnya selalu berada di jalan raya. 

Ilustrasi ojol

Ilustrasi ojol

Photo :

  • Instagram @newdramaojol.id

Selain itu, Risnandar berharap melalui pelatihan nantinya dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, khususnya yang melibatkan kendaraan roda dua. 

“Apa penting safety riding, yang pertama banyak dari pengemudi kendaraan bermotor itu bisa mengemudi kendaraan tapi mereka banyak yang belum bisa menguasai dan memahami kendaraan itu sendiri ataupun rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan,” ujar Risnandar. 

Berbekal dari itu, pihaknya berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan safety riding secara teori maupun praktik tentang cara berkendara yang baik dan benar. Saat pelatihan teori, para peserta mendengarkan seksama materi yang disampaikan instruktur. Adapun materi yang diberikan yaitu mengenai aturan rambu-rambu lalu lintas, cara berkendara yang benar,  cara pengereman yang benar, dan lain sebagainya. 

Setelah itu, para peserta belajar langsung melalui praktik untuk menerapkan ilmu yang mereka dapat. Menurut Risnandar, hal yang harus diperhatikan dalam berkendara yaitu menguasai terlebih dahulu kendaraan yang dimiliki. Kemudian menguasai medan area atau jalan yang akan ditempuh. 

Halaman Selanjutnya

“Jadi, harapan kami dengan safety riding ini mudah-mudahan mengurangi kecelakaan lalu lintas di jalan. Dan teman-teman dalam bekerja karena ojol ini sering di jalan, jadi bisa lebih fokus berhati-hati dan menguasai kendaraannya sendiri,” kata Risnandar. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id