TNI Akui Masih Cari 5 Prajuritnya yang Hilang Kontak Usai Kontak Tembak di Papua

Kasum TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan

Senin, 17 April 2023 – 21:10 WIB

VIVA Nasional – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan mengatakan TNI masih melakukan pencarian terhadap lima anggota Satgas Yonif R/321 GT yang hilang kontak usai terlibat baku tembak dengan kelompok separatis teroris (KST) Papua di Mugi-Man Kabupaten Nduga, Papua, pada Sabtu, 15 April 2023.

“Sampai siang tadi masih dilakukan pencarian. Tinggal lima yang terakhir (prajurit TNI),” kata Bambang di Halaman Monas, Jakarta Pusat pada Senin, 17 April 2023.

Menurut dia, empat Prajurit Satgas Yonif R/321 GT yang sebelumnya hilang komtak telah ditemukan dan kembali ke posnya masing-masing. Kemudian, kata dia, empat prajurit TNI itu dikabarkan dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

“4 orang sudah kembali itu, sudah kembali ke posnya masing-masing. Sehat. Jadi yang berita simpang siur banyak, jadi itu tidak benar,” ujarny.

Sementara, Bambang memastikan Prajurit TNI yang gugur akibat kontak tembak dengan kelompok separatis teroris Papua hanya satu orang yaiti Pratu Miftahul Arifin. Saat ini, ia menyebut belum bisa melakukan evakuasi karena faktor cuaca.

“Sampai tadi siang belum bisa diambil karena memang disana cuacanya tidak menentu, kadang-kadang satu hari hanya dua jam cerah abis itu tertutup kabut. Jadi, untuk pengambilan jenazah helikopter kan kita tidak bisa langsung merapat. Karena memang di samping cuaca, medannya bukan medan datar. Ya itu memang kendala utama,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksda TNI Julius Widjojono, mengklarifikasi mengenai kabar bahwa 6 anggota TNI gugur dalam kontak tembak dengan kelompok separatis teroris Papua, yang terjadi di Mugi-Man Kabupaten Nduga, Papua, pada Sabtu, 15 April 2023. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id