Tolong Juga Ditanyakan Pak Prabowo

Presiden Jokowi di Acara Puncak Musra Indonesia

Senin, 15 Mei 2023 – 19:48 WIB

VIVA Nasional – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai adanya sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang mendaftarkan diri menjadi calon anggota legislatif (Caleg) untuk Pemilu 2024 mendatang. Jokowi menekankan bahwa tidak ada larangan untuk seorang Menteri mendaftarkan diri menkadi Caleg.

Hanya saja, Kepala Negara menekankan agar jangan sampai ada peraturan yang dilanggar. Dia juga meminta agar para Menteri yang menjadi Caleg tak meninggalkan tugasnya melayani rakyat.

“Semuanya yang paling penting tidak melanggar aturan, tidak melanggar undang-undang, nyaleg juga diperbolehkan, tetapi tugas juga tidak boleh ditinggalkan,” kata Presiden Jokowi, di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Senin 15 Mei 2023.

Presiden Jokowi bersama Prabowo di Pasar Petanahan Kebumen, Jawa Tengah

Presiden Jokowi bersama Prabowo di Pasar Petanahan Kebumen, Jawa Tengah

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jokowi menegaskan akan terus melihat kinerja para Menterinya. Apabila sejumlah Menteri yang mendaftar sebagai Caleg kinerjanya melayani masyarakat menjadi terganggu, maka Dia tak segan-segan untuk melakukan evaluasi dan Menteri yanh kinerjanya menurun akibat nyaleg.

“Nanti akan ada evaluasi. Dievaluasi kalau memang dirasa itu mengganggu ganti biar konsentrasi ke nyalegnya misalnya,” ujarnya

Hal serupa juga dikatakan Jokowi ketika ditanya Menteri yang akan maju dalam kontestasi pemilihan umum Presiden ataupun calon Wakil Presiden. Dia menyarankan Menteri yang berniat maju sebagai Capres ataupun Cawapres di 2024 mengambil cuti.

Halaman Selanjutnya

“Menteri yang nyapres juga sama, kalau memang waktunya untuk kampanye kurang, ya lebih baik cuti  atau banyak saya kira, yang paling penting, jangan melanggar regulasi Jangan melanggar undang-undang,” kata Jokowi.

img_title

Sumber: www.viva.co.id