Warga Subang Diajari Cara Budi Daya Ikan hingga Pengolahan Hasil Panen

Warga di Kabupaten Subang diberikan penyuluhan pembudidayaan ikan

Kamis, 4 Mei 2023 – 23:00 WIB

VIVA Nasional – Relawan Ganjar Sejati menggelar penyuluhan di lokasi budi daya ikan di Dusun Karangmulya, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Dilaksanakan pada Kamis, 4 Mei, para relawan menggandeng penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Subang untuk menyampaikan materi soal pembudidayaan ikan dan udang yang benar. 

Koordinator Daerah relawan Ganjar Sejati Kabupaten Subang, Endang Koswara mengatakan, penyuluhan ini dilakukan karena mayoritas masyarakat di Desa Blanakan merupakan seorang petambak ikan atau udang. 

“Kami dari tim relawan Ganjar Sejati memberikan edukasi tentang bagaimana berbudi daya tambak ikan. Dari mulai bandeng, kemudian untuk udang juga,” ujar Endang.

Materi yang dipaparkan dalam penyuluhan tersebut di antaranya tata cara awal mulai budidaya, hambatan atau penyakit yang bisa menjangkit ikan, cara panen, hingga pengolahan hasil panen. 

“InsyaAllah kami dari relawan Ganjar Sejati akan mendorong masyarakat yang bergerak di bidang perikanan, selain pembudidayaanya, tapi juga marketnya. Kami insyaAllah akan membantu pemasarannya,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya

Penyuluhan tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan halalbihalal seluruh anggota relawan. Ratusan relawan yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Subang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id